Jumat, 27 Mei 2011

Prioritaskan Energi dan Pangan


Energi dan pangan adalah dua aspek penting yang perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah. Pemerintah perlu memikirkan secara serius bagaimana mengatasi krisis energi yang dihadapi saat ini. Dan mengenai pangan, pemerintah juga perlu mengantisipasi soal penyusutan lahan pertanian akibat pesatnya pengembangan daerah-daerah pemukiman.

“Kalau tidak ada upaya antisipasi dalam mengatasi krisis energi dan penyusutan lahan pertanian akibat lajunya pengembangan kawasan-kawasan pemukiman, maka suatu saat generasi kita berikutnya, anak dan cucu kita akan sangat merasakan dampak buruk akibat mulai berkurangnya energi dan pangan yang sewaktu-waktu bisa hilang. Karena itulah, menjadi tugas kita saat ini untuk bagaimana menyelamatkan sumber-sumber energi ini. Demikian pula dengan pangan yang menjadi kebutuhan dasar manusia. Daerah dan negara kita yang kaya akan sumber pangan, juga harus tetap dihaga agar tidak habis,” kata Ketua Deprov Gorontalo, Marten Taha menanggapi pertanyaan salah seorang warga pada acara dialog interaktif beberapa waktu lalu.

Marten juga mengungkapkan, kebijakan-kebijakan pemerintah saat ini dan yang akan datang, harus berpihak pada bagaimana agar sumber-sumber energi dan pangan yang masih akan tetap menjadi kebutuhan manusia ini, tetap terjaga dan lestari. “Pemerintah harus menjadikan kebutuhan energi sebagai yang paling diprioritaskan. Sehingga segala kebijakan yang ada harus bisa menjamin agar energi tetap ada. Dan untuk pangan, kebijakan yang ada tidak hanya pada bagaimana upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas pangan. Tapi juga harus ada kebijakan yang mempertahankan agar lahan pertanian tetap ada,” kata Marten. (RADAR)

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates