Jumat, 10 Juni 2011

Bakal Gelar Festival Karawo, BI Presentase di Deprov





Gorontalo, Bank Indonesia (BI) bakal menggelar Festival Karawo (kain Karawang, kerajinan khas asal Gorontalo, red). Festival ini digelar tidak hanya sekedar mempromosikan karawo atau kain kerawang ke level nasional semata, melainkan lebih dari itu. Menurut pimpinan BI Perwakilan Gorontalo yang menemui Ketua Deprov Gorontalo Marten A Taha, bahwa memperkenalkan karawo ke tingkat nasional, juga erat kaitannya dengan upaya mengangkat ekonomi Gorontalo, terutama masyarakat pengrajin kain karawo.
“Festival karawo yang akan di gagas BI, menjadi bagian dari program BI untuk mengangkat ekonomi UMKM. BI akan membantu pendanaan atau modal dan pemasaran serta pembinaan bagi para pengrajin karawo. Pada festival Karawo juga akan dimeriahkan dengan pelaksanaan parade dan pameran karawo ini, BI akan mendatangkan calon investor nasional. Ini sungguh menjadi ajang promosi bagi kerajinan Gorontalo,” kata Marten Taha mengutip apa yang diungkap Kepala BI Perwakilan Gorontalo Wahyu Purnama yang dudampingi dua stafnya ketika menemui Marten diruang kerjanya, Rabu kemarin.
Marthen Juga mengungkapkan, apa yang digagas BI ini, sangatlah memberikan dampak positif bagi keberadaan kerajinan Karawo. “ Ini menjadi moment bagi Gorontalo untuk memperkenalkan kerajinan karawo yang lazim disebut kerajinan kerawang. Hampir kebanyakan orang luar daerah tahu bahwa kerajinan kain kerawang ini adalah berasal dai Sulawesi Utara. Itu karena mereka tidak tahu bahwa kain Kerawang yang dimaksud sebenarnya adalah kerajinan asli Gorontalo. Melalui moment inilah, Gorontalo harus memperkenalkan bahwa kerajinan kain Kerawang adalah asli kerajinan Gorontalo. Melalui festival Karawo ini juga, Kain Karawo sudah harus dikenal ditingkat nasional,” Jelas Marthen Taha.
Mathen juga meminta agar apa yang menjadi inisiatif BI ini, harus diseriusi dan ditindak lanjuti baik oleh Dinas Koperindag, Badan Investasi Daerah (BID), dan Dinas Pariwisata. (**)

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates